Wednesday, 25 March 2015

Sekilas tentang DAP FiiO X3


Fiio X3 24 bit audio digital pemain
Apa kabar penikmat audio, kali ini DigitalOne kembali berbagi informasi seputar audio. FiiO X3 merupakan Digital Audio Player (DAP) yang cukup tersohor dikalangan pecinta portabel audio. Berikut seperti yang dilansir oleh situs theheadphonelist dot com. Dibanderol dengan harga $ 239,95 di Amazon per 26 Maret 2015.
Fiio yang namanya telah kita dengar belakangan ini, memiliki produk audio portable yang cukup banyak , mulai dari yang murah, Headamp entry level E3, diikuti dengan E5 yang lebih unggul. Setelah merilis banyak amp dan DAC / amp, akhirnya DAP pertama Fiio juga dirilis, yakni X3, yang mampu memutar file Hi-Res 24 bit 192 KHz. Untuk kelas yang lebih tinggi, Fiio pun telah merilis X5.

KEMASAN & AKSESORIS
X3 dikemas dalam kotak berwarna putih dan simple yang mencerminkan kualitas, dengan teks dalam bahasa Inggris dan Cina. X3 ini dilengkapi dengan 2 screen guard, case silikon, kabel mini USB, kabel adaptor 3.5mm, buku instruksi, dan 2 kartu beberapa informasi tambahan. Memori internal yang telah diisi dengan beberapa track 24/192 dan petunjuk pengguna dalam format PDF.

USER INTERFACE & PENGGUNAANNYA
Fiio X3 memiliki ukuran yang relatif kecil, dengan Price Performance yang mantap karena kombinasi antara harga dengan kualitas suara yang sangat baik. Meskipun tidak menggunakan layar sentuh, namun itu tidak mengurangi kegunaan setelah Anda terbiasa. 
Menu / tombol Kembali memiliki banyak fungsi, jika anda menekan dan tahan tombol tersebut maka akan muncul  menu yang memungkinkan anda untuk menambah atas menghapus lagu dari playlist favorit anda. Ketika dalam mode DAC, menekan dan menahan Menu / tombol Kembali akan merubahnya beralih ke mode player. Sedangkan jika kita menekan tombol Play / Pause akan menonaktifkan / mengaktifkan musik.
Fiio layar pengaturan X3
Layar Pengaturan
Firmware update terakhir yakni versi 2.1 yang merupakan penyempurnaan dari firmware sebelumnya, sangat stabil dengan fungsionalitas tambahan, termasuk fungsi DAC. Fungsi DAC sendiri tidak memerlukan driver khusus untuk PC, dan work natively pada MAC. Antara fungsi DAC dan akses file membutuhkan sedikit seting, hampir mirip dengan AK120, tetapi mereka beda kelas ya.
Fungsi X3 cukup mengesankan, menyediakan hampir semua fitur yang Anda butuhkan. Fitur auto-off yang dapat mematikan player secara otomatis jika kita mencabut headphone atau lupa mematikan setelah player kita stop. Kapasitas memori internal cukup besar yakni 8GB, ditambah slot microSD up to 128GB.
Colokan Headphone X3 ini dilindungi oleh switch delay, sehingga suara tidak seketika muncul ketika mencolok headphone. Saat baru dinyalakan, X3 secara otomatis akan melanjutkan lagu dari batas playlist terakhir yang kita putar, meskipun sebelumnya player dimatikan dengan auto shut-down. Tampilan kontrol ketika terhubung sebagai DAC USB cukup bagus dengan kontrol volume, bass, treble, gain, dan balance serta tampilan bitrate dan sampel. Sangat fungsional sekali. Overall, interface X3 sangat baik ditambah dengan ukurannya yang kecil, cukup asik dibawa dalam perjalanan.






























FUNGSI & FITUR
  • Portabel Media Player 
  • Micro-USB 2.0 interface
  • Up to 24 bit 196 KHz 
  • Fungsi USB DAC untuk PC dan Mac 
  • Adjustable bass dan treble
  • Output: Headphone, Coax-out 
  • Slot micro SD up to 128 GB 
  • 8GB built-in memori 
  • Gapless play
  • Hi / low gain 
  • Playback berhenti pada headphone dicabut 
  • memori lagu / posisi / volume pada startup 
  • Sleep Timer 
  • USB charging  
  • CPU: JZ4760 ; DAC Chip: WM8740; AMP Chip: AD8397

MEDIA PLAYER
Fiio X3 pemutaran resolusi tinggi 24 bitX3 memainkan semua lagu tanpa hambatan termasuk lagu dengan bitrate tinggi yang pada beberapa player bahkan tidak dapat diputar. Pencarian trek dalam berbagai folder cukup mudah. Terdapat sedikit bug, yakni Ketika kita beralih dari fungsi DAC ke fungsi player, maka informasi posisi track akan hilang, dan kita harus mencari lagi.
Fungsi X3 sebagai DAC cukup baik, bersih dan jelas dengan imaging yang lebih baik dan separasi instrumen yang baik pulaVolume sedikit lebih keras dari DAC jika dibandingkan dengan memutar lagu langsung di X3.

SUARA
X3 sangat cocok dengan hampir semua headphone yang kami coba, kualitas suara yang sampir mendekati iBasso DX50, terutama bila digunakan sebagai DAC. Respon bass sangat baik dan terkontrol, begitu clear diseluruh spektrum frekuensi. Cukup baik, tapi DX50 memiliki presentasi yang lebih santai, lebih deep dan juga wide, meskipun perbedaan tersebut tidak besar. Smooth note X3  sangat detail, tetapi masih kalah resolusi jika dibandingkan dengan DX50, yang memiliki speed dan analitycal note di atas rata-rata.
Dibandingkan dengan Hisoundaudio Nova 3, X3 hampir selalu terdengar lebih baik dengan beberapa headphone yang kami coba. Ketika memasangkan X3 dengan berbagai headamp, hanya ampli dengan harga mahal yang dapat mengungguli headphone out X3 ini.
DAP yang lebih mahal, termasuk AK120, 901, dan DX100 memiliki level yang berbeda dengan X3, dan yang diharapkan dari perbedaan harga adalah perbedaan kualitas. Dibeberapa lagu, kinerja X3 ini bisa mendekati AK120, tentu dibanyak lagu AK120 lebih unggul, ditambah dengan variasi suara antar headphone dapat disajikan dengan baik oleh AK120 ini, artinya cukup terasa perbedaan suaranya saat kita menggonta-ganti headphone. Namun untuk 901 dan DX100 kami rasa sangat tipis perbedaannya dengan X3.
IPhone dan Clip+ tidak bisa bersaing dengan X3 dalam kualitas suara, meski keduanya memiliki fungsi yang baik, namun X3 lebih mudah untuk digunakan, dan masih banyak lagi. Untuk sonic, X3 memiliki ruang presentasi yang lebih besar dengan lebih detail, respon bass yang lebih baik, dan lebih terkontrol. IPhone dan Clip+ sangat terbatas kemampuannya jika digunakan untuk mendrive headphone high-end, dan sementara X3 dapat mendrive nya dengan sangat baik, terutama saat memainkan file Hi-res, sedang file dengan resolusi rendah tidak begitu bisa kita rasakan perbedaannya.

SPESIFIKASI
Umum Spesifikasi
Material : Aluminium 
Headphone out: 3.5mm 
Headphone Impedansi Range: 16 ~ 300Ω 
Tampilan Layar: 2.4 inch TFT 320X240 
jenis kontrol Volume: Digital dengan 60 langkah 
Dimensi: 55 X 109 X 16 (mm) 
Berat: 122 g 
Bass Boost: -10 dB ~ + 10 dB 
Treble: -10 dB ~ + 10 dB 
penyesuaian Kanan / kiri: 5 dB 
Gain seleksi: 0/6 dB 
USB DAC: Mendukung 192k / 24B
Parameter kinerja untuk Coax -out
THD + N: <0.004%@1KHz 
SNR:> 108 dB (A-Weight) 
Frequency Response: 10Hz ~ 20kHz (+/- 0,2) 
Dynamic range:> 103dB 
Crosstalk:> 90 dB @ 10KΩ @ 1kHz 
jalur output Level:> 1,7 Vrms
Parameter kinerja untuk Headphone out
Output Power:> 540 mW @ 16Ω; > 270 mW @ 32Ω; > 30 mW @ 300Ω 
Output Impedance: <0.3Ω 
Crosstalk:> 75 dB @ 1kHz 
THD + N: <0.005%@1KHz 
Respon Frekuensi: 10Hz ~ 20kHz (+/- 0,2) 
tegangan output MAX:> 8 Vp-p 
SNR: > 105 dB (AUX IN) 
MAX arus keluaran:> 250 mA
Power dan Baterai
Power: USB 5V / 500mA (merekomendasikan: USB 5V 1.5A) 
Baterai Kapasitas: 3000 mAh 
Charging Display: lampu merah menunjukkan pengisian, lampu hijau menyala setelah terisi penuh 
Battery Life:> 12 Jam 
Pengisian Waktu: <4
Format audio yang didukung
Lossless: APE (Cepat): 192k / 24B; APE (normal): 96K / 24B; APE (High): 96K / 24B; FLAC: 192k / 24B; WAV: 192k / 24B; WMA Lossless 9.1: 96K / 24B; Apple Lossless: 192k / 24B 
format Compressed: MP2, MP3, AAC, ALAC, WMA, OGG
Fiio format pemutaran X3

Fiio X3 - foto saham
RINGKASAN
X3 adalah high-end player dengan full-fitur yang baik, dengan kemampuan dapat memutar file high-res dari memori internal atau sebagai DAC. Kualitas suara tentu lebih baik dari ponsel dan low-end player dan kemampuan untuk memutar file-resolusi tinggi hingga 24 bit, 192 KHz yang memungkinkan kita untuk menikmati lagu-lagu dengan resolusi yang lebih tinggi. Fitur yang cukup lengkap dan mudah digunakan. Secara keseluruhan X3 unggul di fitur, kegunaan, dan kepraktisan .
Pro: 
- Kombinasi dari fungsi, kegunaan, dan kualitas suara 
- Ukuran kecil sangat mudah untuk digunakan di mana saja
Cons: 
- Kualitas suara player X3 kalah bagus dibandingkan jka digunakan sebagai DAC.
Demikian sedikit informasi yang bisa kita share kali ini, salam penikmat audio.

1 comment: